Raih SEMANGAT ^^


Meraih Ridho Allah

Mengenal Ludwig Eduard Boltzmann

 

 Foto Bolztmann ketika diangkat menjadi Profesor Matematika Fisika di usia 25 tahun (tahun 1869)

 

Profil Boltzmann dan Keluarga

Boltzmann memiliki nama lengkap Ludwig Eduard Boltzmann. Boltzmann lahir pada 20 Februari 1844 di Wina-Austria. Keluarga Bolztmann tidak berlatar belakang ilmuwan. Ayahnya seorang pejabat pendapatan dan kakeknya seorang produsen jam. Sedangkan riwayat pendidikan Ibunya adalah belajar pendidikan dasar dengan pengajar di rumah (saat ini populer dengan istilah home schooling).

Pendidikan dan Karir

Pada tahun 1866, Bolztmann meraih gelar Ph.D. Satu tahun berikutnya dia menjadi dosen dan tiga tahun kemudian saat usianya 25 tahun dia diangkat sebagai professor Matematika Fisika di Universitas Graz di Provinsi Styria. Pada tahun 1887, Bolztmann menjadi Pemimpin di Universitas Graz.

Sang Fisikawan Dunia

Kontribusinya di ilmu Fisika adalah dengan mengembangkan teori kinetik gas, mekanika statistik, mekanika kuantum, tafsir Hukum II Termodinamika, menurunkan rumus laju radiasi benda hitam. Ya! Oleh karena kontribusi tersebut Boltzmann terkenal sebagai ahli dalam teori atomik. Pada tahun 1898, Bolztmann menullis sebuah buku tentang perdebatan proponen energetika dan atomisme.

Like Teacher Like Student: Regenerasi Fisikawan

Erwin Rudolf Josef Alexander Schrodinger adalah murid dari murid Boltzmann, yakni Louis Victor de Broglie.

Akhir hayat sang Ilmuwan

Sayangnya kejeniusan seorang Boltzman berakhir tragis seiring keputusasaan akan perdebatan yang terjadi pada karyanya serta ditambah kepribadian bipolar. Tanggal 5 September 1906 di Austria-Hongaria (saat ini bernama Duino Trieste, Italia) Boltzmann mengakhiri hidupnya di tengah keluarga.

Penghargaan untuk Boltzmann

Schrodinger menemukan persamaan yang saat ini kita kenal sebagai persamaan Schrodinger dan untuk penemuan ini dia mendapat hadiah Nobel Fisika pada tahun 1933. Namanya diabadikan dalam penamaan sebuah konstanta yang memiliki satuan yang sama dengan entropi serta persamaan Bolztmann untuk menggambarkan dinamika gas ideal. Carlo Cercignani menulis sebuah buku tentang Ludwig Bolztmann berjudul Ludwig Bolztmann: The Man Who Trusted Atoms yang diterbitkan oleh Oxford University Press tahun 1998. 

 

 

Daftar Pustaka:

http://philsci-archive.pitt.edu/1717/2/Ludwig_Boltzmann.pdf

http://lipn.univ-paris13.fr/~duchamp/Books&more/Penrose/%5BCarlo_Cercignani,_Roger_Penrose_Sir%5D_Ludwig_Boltz(BookFi.org).pdf

http://science-story-telling.eu/sites/default/files/book/attachments/Biografia%20Boltzmann.pdf

https://www.scribd.com/document_downloads/direct/51284298?extension=pdf&ft=1474477390<=1474481000&user_id=328707405&uahk=xpQUrNxUs/Gm+Gl7PpxaW/xFr+s

 

 

 

#Tugas 02. Surabaya, 21 September 2016 

Raih Rizky Mega Falah . 081113040

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :